Tutorial Bagaimana Pengembangan iOS Dengan Menggunakan Swift

Tutorial Bagaimana Pengembangan iOS Dengan Menggunakan Swift

Tutorial Bagaimana Pengembangan iOS Dengan Menggunakan Swift – Pengembangan iOS Menggunakan Swift memberikan konsep dasar dan lanjutan Pengembangan iOS. Tutorial Pengembangan iOS dirancang untuk pemula dan profesional.

Tutorial Bagaimana Pengembangan iOS Dengan Menggunakan Swift

Apa itu iOS?

Ini adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk perangkat kerasnya, misalnya iPhone dan iPad. Ini adalah sistem operasi yang mendukung iPhone dan iPod Touch; itu juga memberikan dukungan untuk iPad sebelum memperkenalkan iPadOS pada tahun 2019. Ini adalah sistem operasi seluler paling populer kedua secara global setelah Android.

Fitur iOS

iOS menyediakan fitur berikut.

  • Multitasking

Pada bulan Juni 2010, iOS mulai mendukung multitasking pada perangkat tertentu seperti iPhone 4, iPhone 3GS, dan iPod Touch 3 rd Generation dengan iOS 4. Namun, di iOS 4, multitasking didukung melalui API Latar Belakang tujuh berikut.

  1. Audio latar belakang: aplikasi terus berjalan di latar belakang hingga menyelesaikan audio atau video yang aktif.
  2. Voice over IP: Aplikasi ditangguhkan saat panggilan telepon tidak berlangsung.
  3. Lokasi latar belakang: layanan pemberitahuan saat lokasi perangkat berubah.
  4. Pemberitahuan Push: aplikasi menerima pemberitahuan push dari server, apakah itu dalam mode latar belakang atau latar depan.
  5. Pemberitahuan Lokal: Pemberitahuan lokal dapat dijadwalkan di aplikasi pada waktu tertentu.
  6. Penyelesaian Tugas: Aplikasi dapat meminta waktu tambahan kepada sistem untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
  7. Pergantian Aplikasi Cepat

Apple memperkenalkan tiga API latar belakang baru dengan iOS 5.

  1. Kios: aplikasi dapat mengunduh konten dalam mode latar belakang.
  2. Aksesori Eksternal: aplikasi dapat berkomunikasi dan berbagi data secara berkala dengan aksesori eksternal.
  3. Aksesori Bluetooth: aplikasi dapat berkomunikasi dan berbagi data secara berkala dengan aksesori Bluetooth.
  • Antarmuka

Apple iOS menyediakan antarmuka yang ramah pengguna yang menggunakan gerakan multi-sentuh seperti menggesek, mengetuk, mencubit, dll., untuk memfasilitasi pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Pengguna dapat memicu acara apa pun menggunakan sakelar, tombol, dan bilah geser. Ini menggunakan akselerometer internal untuk merespons perangkat yang bergetar atau berputar dalam 3D. Layar beranda antarmuka adalah navigasi utama dan hub informasi yang berisi ikon aplikasi dan widget untuk meluncurkan aplikasi tertentu langsung dari layar beranda.

Tombol halaman utama terletak di kanan atas layar aplikasi. Tombol kembali ada di kiri atas layar aplikasi. Namun, untuk kembali, kita bisa menggunakan cara berikut.

  1. Tombol kembali di kiri atas layar
  2. Menggunakan gerakan geser ke kanan dari tepi kiri layar aplikasi.
  3. Tekan aksi selesai di kanan atas layar.
  4. Gulir ke bawah di layar.
  • Pembelian dalam Aplikasi

Pengguna iOS dapat membeli berbagai konten seperti langganan, layanan, dan fitur baru di dalam aplikasi. Pengguna dapat melakukan pembelian dalam aplikasi di iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

  • Apple Bayar

Apple Pay dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi iOS untuk menyediakan cara yang mudah dan aman untuk melakukan pembayaran. Otorisasi untuk pembayaran apel dapat dilakukan menggunakan FaceID dan TouchID.

  • Tampilan depan

Layar beranda di perangkat iOS berisi widget dan ikon aplikasi untuk meluncurkan aplikasi. Ini menampilkan dok di bagian bawah tempat kami dapat menyematkan aplikasi yang paling sering digunakan. Setiap kali kami menekan tombol beranda atau membuka kunci perangkat, layar beranda muncul. Layar beranda berisi bilah status di bagian atas untuk menampilkan data.

  • Pusat Pemberitahuan

Pemberitahuan tidak dapat dilihat setelah ditutup sebelum rilis iOS 5. Apple memperkenalkan Pusat Pemberitahuan, di mana kita dapat melihat riwayat pemberitahuan. Namun, pengguna dapat mengklik notifikasi tertentu untuk membuka aplikasi terkait atau menghapusnya dari pusat notifikasi.

  • Pusat Permainan

Dengan iOS 4.1, Apple mengumumkan jaringan game sosial di mana pengguna dapat bermain game dengan teman. Ini menyediakan fitur seperti dasbor Pusat permainan, papan peringkat, pencapaian, multipemain, dan banyak lagi.

  • Bluetooth

Apple menyediakan kerangka kerja Core Bluetooth yang menyediakan kelas-kelas yang diperlukan untuk terhubung dengan teknologi nirkabel hemat energi yang dilengkapi Bluetooth.

  • Orientasi

Aplikasi iOS dapat digunakan dalam orientasi potret dan lanskap.

Namun, Apple menyediakan kelas ukuran di XCode untuk mengembangkan antarmuka untuk orientasi lanskap dan potret.

  • Integrasi kamera

Apple menyediakan AVFoundation Capture Subsystem, arsitektur tingkat tinggi yang umum untuk layanan pengambilan audio, gambar, dan video di iOS.

  • Layanan lokasi

Dengan izin pengguna, Layanan Lokasi memungkinkan aplikasi dan situs web mengakses lokasi perangkat pengguna. Ikon panah hitam atau putih ditampilkan di bilah status setiap kali layanan lokasi aktif.

Tutorial Bagaimana Pengembangan iOS Dengan Menggunakan Swift
  • Peta

Apple menyediakan layanan pemetaan web untuk digunakan sebagai sistem peta default untuk iOS. Ini mencakup berbagai fitur seperti mode flyover. Untuk mengembangkan aplikasi yang menggunakan peta, kita dapat menggunakan MapKit yang disediakan oleh Apple.

  • Aksesibilitas

Apple menyediakan berbagai fitur Aksesibilitas untuk digunakan bagi penyandang disabilitas penglihatan dan pendengaran. Fitur seperti sulih suara memberikan informasi pembacaan suara yang muncul di layar. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan OS dengan gerakan. Apple terus memperbarui aksesibilitas untuk menyediakan fitur baru seperti editor pengucapan, yang dapat digunakan dengan voice over, dengan iOS 10 pada tahun 2016.