Distro Linux Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Tahun 2021

Distro Linux Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Tahun 2021

Distro Linux Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Tahun 2021 – Linux adalah sistem operasi gratis dan open-source berbasis Unix. Saat ini, Linux telah mendapatkan perhatian besar dan banyak digunakan karena keamanan dan fleksibilitasnya. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa Distro Linux terbaik yang juga disebut Distribusi Linux. Distro Linux adalah sistem operasi yang didasarkan pada kernel Linux.

Distro Linux Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Tahun 2021

1. Linux Mint

Linux Mint adalah distribusi populer Linux berbasis Ubuntu dan Debian. Ini adalah distribusi Linux gratis dan open-source berbasis komunitas yang menyediakan sejumlah besar paket. Mudah digunakan dengan Antarmuka Pengguna yang interaktif. Pada bulan Oktober 2012, Format Linux berjudul Linux Mint sebagai distribusi terbaik tahun 2012.

Ini pertama kali dirilis pada tahun 2006 dengan versi beta 1.0 bernama ‘Ada’. Saat ini, versi terbaru mint adalah ‘Ulyssa’ yang dirilis pada Januari 2021. Muncul dengan perangkat lunak default seperti LibreOffice, Firefox, Thunderbird, HexChat, Pidgin, Transmisi, dan pemutar media VLC sementara Anda dapat mengunduh perangkat lunak lain dari pengelola paket. Linux Mint memelihara sistem operasi dan mengembangkan perangkat lunak untuk itu, sebagian besar dengan Python.

2. Ubuntu

Ini adalah salah satu distribusi Linux yang paling umum digunakan oleh orang-orang. Karena antarmuka yang ramah pengguna dan keanggunan, ini banyak disukai oleh orang-orang yang pemula di Linux. Ini dapat digunakan tidak hanya di PC tetapi juga di tablet dan smartphone. Ubuntu bertindak sebagai basis untuk banyak distribusi Linux lainnya seperti Lubuntu 20.04 LTS, Kubuntu 20.04, dan Linux Mint 20.04 LTS (Ulyana).

Ini merilis versi terbaru yang dapat diprediksi setiap enam bulan dengan keamanan dan perbaikan bug. Ubuntu mendukung lingkungan desktop GNOME dan merupakan sistem operasi populer untuk komputasi awan sambil juga menyediakan aplikasi berguna sehari-hari seperti Firefox, LibreOffice, Audacious, GIMP, dll.

3. Pop Linux dari Sistem 76

Pop OS adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh System 76 yang menampilkan desktop GNOME kustom. Dikembangkan baru-baru ini, pertama kali dirilis pada Oktober 2017. Pop OS juga menyediakan banyak aplikasi bawaan seperti Geary, LibreOffice, Firefox sementara perangkat lunak lain dapat diinstal dari APT, pengelola paket di Pop OS.

4. MX Linux

MX Linux adalah distribusi Linux berbasis Debian yang populer. Ini pertama kali dirilis pada Maret 2014 dan memberikan pengalaman yang ramah pengguna untuk pengguna Linux pemula dan menengah. Diskusinya dimulai dalam komunitas MEPIS yang kemudian bergabung dengan antiX untuk pengembangan. MX Linux memiliki alat dasar seperti penginstal grafis, metode berbasis GUI untuk mengubah kernel Linux, MX-snapshot, dll.

5. OS Dasar

Elementary OS adalah distribusi Linux lain berdasarkan Ubuntu LTS yang dikembangkan dan dikelola oleh Elementary, Inc. Ini hadir dengan lingkungan desktop khusus yang disebut Pantheon dan banyak aplikasi khusus termasuk Foto, Musik, Video, Kalender, Terminal, File, dan banyak lagi. Itu juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang sudah dikenal seperti browser web Epiphany dan garpu surat Geary. Sesuai Elementary OS, ini adalah pengganti yang cepat, terbuka, dan menghormati privasi untuk Windows dan macOS.

6. Fedora

Fedora dikembangkan oleh Proyek Fedora yang disponsori oleh Red Hat. Ini adalah salah satu distro yang paling ramah pengguna. Lingkungan desktop default di Fedora adalah GNOME dan antarmuka pengguna default adalah Shell GNOME sementara lingkungan desktop lainnya juga tersedia dan dapat diinstal. Fedora menyediakan berbagai perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya di os dan lebih banyak perangkat lunak dapat diinstal dari manajer paket DNF. Fedora Linux dirilis pada tahun 2003 ketika Red Hat Enterprise Linux dihentikan.

7. Zorin

Zorin adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu. Ini memiliki antarmuka pengguna Grafis (GUI) yang sangat mudah dan program yang mirip dengan windows yang dirancang khusus untuk pemula yang beralih dari Windows ke Linux. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan perangkat lunak Windows yang kompatibel untuk kemudahan transisi di atasnya. Ditulis dalam C, C++, Python, D, Java, Zorin OS Company berbasis di Dublin dan dimulai pada tahun 2009.

8. Deepin

Deepin Linux juga disebut Linux Deepin dan Hiweed Linux adalah distro berbasis Debian. Ini mendukung lingkungan desktopnya sendiri, DDE, Lingkungan Desktop Deepin. Ini dikembangkan dan dikelola oleh Wuhan Deepin Technology di Wuhan, Cina. Oleh karena itu, ini banyak digunakan oleh orang-orang Cina. Ini awalnya dirilis pada Februari 2004 dan kemudian pada 2015 Wuhan Deepin Technology bergabung dengan Linux Foundation.

9. Solus

Solus didasarkan pada Kernel Linux. Sebelumnya disebut Evolve OS. Ini diperkenalkan untuk komputer pribadi dan penggunaan pribadi. Itu tidak mengklaim dukungan perangkat lunak apa pun khusus untuk lingkungan perusahaan dan server. Solus pertama kali diluncurkan pada Desember 2015 dengan versi 1.0.

Ini stabil, sangat mudah digunakan, dan tampaknya memiliki banyak pilihan perangkat lunak terbaru yang tersedia di repositorinya sendiri. Ini fitur Budgie, GNOME, KDE Plasma, lingkungan desktop MATE. Solus hanya tersedia untuk komputer 64-bit.

10. Manjaro

Distribusi Manjaro Linux didasarkan pada Arch Linux OS. Ini memungkinkan penginstalan perangkat lunak dan aplikasi melalui manajer paket yang disebut Pacman. Manjaro menampilkan desktop GNOME dan meskipun dapat diinstal di komputer mana pun, beberapa komputer menjual produk mereka dengan Manjaro yang sudah diinstal sebelumnya.

Distro Linux Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Tahun 2021

11. Debian

Debian adalah salah satu distro Linux tertua yang menjadi basis untuk distro lain seperti Ubuntu, PureOS, dan SteamOS. Ini dirilis pertama kali pada tahun 1993. Debian telah memenangkan banyak penghargaan termasuk Distro Linux terbaik tahun 2011. Muncul dengan aplikasi seperti LibreOffice, Firefox, Evolution mail, pembakar disk K3b, pemutar media VLC, GIMP, dll. Ini paling cocok untuk server distribusi dan sangat aman dan mudah digunakan.