Beberapa Hal Mengenai Sistem Operasi Server dan Jenisnya

Beberapa Hal Mengenai Sistem Operasi Server dan Jenisnya

Beberapa Hal Mengenai Sistem Operasi Server dan Jenisnya – Ini adalah sistem operasi yang dirancang untuk digunakan di server. Ini digunakan untuk memberikan layanan kepada sejumlah besar klien. Ini adalah sistem operasi yang sangat canggih yang dapat melayani beberapa klien secara bersamaan. Ini adalah sistem operasi yang lebih maju dengan fitur dan kemampuan yang dibutuhkan dalam arsitektur client-server atau lingkungan komputasi perusahaan yang sebanding.

Beberapa Hal Mengenai Sistem Operasi Server dan Jenisnya

Server adalah komputer yang menyediakan data ke komputer lain. Hal ini dapat melayani data di Internet ke sistem pada LAN atau WAN. Misalnya, server Web dapat menjalankan Apache HTTP Server atau Microsoft IIS, yang menawarkan akses ke situs web di Internet.

Sistem operasi server mendukung dan mengaktifkan tugas server umum seperti Windows, file, dan server database, server Web, server surat, server aplikasi, dan server cetak. Ini adalah versi lanjutan dari sistem operasi dasar, dan melayani permintaan komputer server-klien di jaringan. Ia memiliki semua fungsi yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan komputasi client-server.

Fitur Sistem Operasi Server

Ada berbagai fitur dari sistem operasi server. Beberapa fiturnya adalah sebagai berikut:

  1. Itu mengeksekusi semua atau sebagian besar proses dari perintah sistem operasi.
  2. Sistem operasi server dirancang untuk menjalankan program besar dan melakukan aktivitas seperti transfer data berat dengan mudah.
  3. Itu dapat mengakses server baik GUI (Graphical User Interface) dan antarmuka tingkat perintah.
  4. Sistem operasi server mencakup semua alat administratif yang diperlukan untuk menjalankan berbagai aplikasi dan tugas.
  5. Ini menawarkan antarmuka pusat untuk mengelola pengguna, menerapkan keamanan dan proses administrasi lainnya.
  6. Sistem operasi membantu dalam menciptakan lingkungan yang stabil di mana semua aplikasi dan proses dapat berjalan dengan lancar. Sistem operasi yang masih dalam pengembangan atau mengandung bug dan gangguan mungkin memperlambat prosedur dan berdampak pada data.
  7. Ini menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, dan proses konfigurasi jaringan tingkat lanjut.
  8. Ini mengelola dan memantau komputer klien dan sistem operasi.
  9. Sistem operasi server dengan firewall bawaan dan kemampuan keamanan sangat penting karena server rentan terhadap penyusupan dan infeksi. Peretas dan aplikasi jahat tidak dapat dengan mudah menembus sistem operasi klien ketika sistem keamanan yang tepat ada.
  10. Ini menginstal dan menyebarkan aplikasi bisnis dan aplikasi web.

Jenis Sistem Operasi Server

Ada berbagai jenis sistem operasi server. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Windows adalah keluarga dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bermain game, video, musik, menyimpan file, menjalankan perangkat lunak. Ini dikembangkan untuk pekerjaan pribadi dan profesional. Seri OS Windows berisi seri lainnya, termasuk Windows 2000, Windows 2003, dan lainnya.

Ini menawarkan manajemen memori virtual, antarmuka pengguna grafis, multitasking, dan dukungan untuk berbagai perangkat periferal. Microsoft menawarkan sistem operasi Windows untuk komputer desktop, server, dan perangkat seluler.

2. Sistem Operasi Linux

Linux adalah jenis perangkat lunak bebas yang melakukan semua fitur UNIX. Versi 0.11 dirilis pada tahun 1991, awalnya dikembangkan oleh mahasiswa dari universitas Finlandia. Linux adalah sistem operasi yang fantastis. Ini terbuka, memungkinkan multi-pengguna, multi-proses, multi-utas, memiliki kinerja waktu nyata yang baik, kuat dan tangguh, dan tersedia secara gratis melalui CNU Free Software Foundation di bawah GPL.

Paket perangkat lunak OS juga berisi perangkat lunak aplikasi seperti editor teks dan kompiler bahasa tingkat tinggi, yang memungkinkan sistem dikontrol melalui jendela, ikon, dan menu.

3. Sistem Operasi UNIX

UNIX dimulai sebagai OS time-sharing untuk komputer kecil, tetapi sekarang telah berkembang menjadi salah satu sistem operasi paling populer di lingkungan client-server. Itu ditulis dalam bahasa C, dan singkatan bahasa C mendukung beberapa platform. UNIX telah di-porting ke lebih banyak mesin daripada sistem operasi lain.

UNIX OS adalah sistem operasi multi-pengguna yang menawarkan fungsionalitas TCP/IP bawaan dan stabilitas serta keamanan yang hebat. Saat ini, sistem operasi UNIX digunakan oleh lebih dari 90% dari banyak situs yang menyediakan layanan di Internet. Tidak seperti sistem operasi lain, UNIX dijual oleh vendor yang berbeda, dan tidak ada UNIX yang sebenarnya. Di sisi lain, meskipun ada upaya untuk membuat versi UNIX standar, ada berbagai versi yang identik dan tidak kompatibel.

4. Sistem Operasi Jaringan

Ini adalah sistem operasi jaringan berbasis server yang membutuhkan penggunaan server khusus dalam jaringan. Pada jaringan komputer awal, sistem operasi NetWare banyak digunakan di jaringan area lokal (LAN). Novell mengembangkannya pada awal 1980 – an.

Sistem operasi seri NetWare dapat mendukung multiprosesor dan manajemen memori fisik berkapasitas besar. Ini mungkin menawarkan akses file bersama dan layanan pencetakan serta dukungan untuk skalabilitas tinggi jaringan perusahaan melalui standar terbuka dan protokol file. NetWare versi 2 dan 3 terutama digunakan untuk file dan server cetak berbasis LAN yang menggunakan protokol Internetwork Packet Exchange (IPX) dan dikelola melalui program MS-DOS berbasis menu seperti fconsole, pconsole, dll., syscon, filer, dan monitor. NetWare 4 menyediakan solusi yang lebih terukur melalui Novell Directory Services (NDS). NDS hierarkis memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memanfaatkan sumber daya bersama terlepas dari lokasi aktual mereka di jaringan.

NetWare 5 adalah versi terbaru dari sistem operasi NetWare. Ini berisi Internet Protocol (IP), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), dan kernel multiprocessing baru dengan dukungan memori virtual.

5. Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

Ini adalah distribusi Linux komersial yang dibuat oleh Red Hat. Red Hat Enterprise Linux tersedia di server, dan edisi desktop untuk x86-64, Power ISA, ARM64 , dan IBM Z. Platform Red Hat Enterprise Linux adalah pusat dari semua dukungan dan pelatihan resmi dari Red Hat dan Program Sertifikasi Red Hat.

Beberapa Hal Mengenai Sistem Operasi Server dan Jenisnya

Versi awal Red Hat Enterprise Linux dirilis di bawah “Red Hat Linux Advanced Server”. Red Hat mengganti nama Red Hat Linux Advanced Server menjadi “Red Hat Enterprise Linux AS” pada tahun 2003 dan menyertakan dua variasi baru, Red Hat Enterprise Linux ES dan Red Hat Enterprise Linux WS.

Red Hat menggunakan peraturan merek dagang yang ketat untuk membatasi distribusi ulang gratis dari versi Red Hat Enterprise Linux yang didukung secara resmi, sementara kode sumbernya tersedia secara bebas. Derivatif pihak ketiga dapat dibuat dan didistribusikan dengan menghapus komponen tidak bebas seperti merek dagang Red Hat. Misalnya, Scientific Linux adalah distribusi yang didukung komunitas, sedangkan Oracle Linux adalah turunan komersial.