10 Distro Linux Yang Paling Stabil Di Tahun 2021

10 Distro Linux Yang Paling Stabil Di Tahun 2021

10 Distro Linux Yang Paling Stabil Di Tahun 2021 – Linux adalah sistem operasi open-source dan ramah pemrogram paling populer dengan beberapa keunggulan dibandingkan OS lain dalam hal keamanan, fleksibilitas, dan skalabilitas serta linux ditemukan oleh Linus Torvalds yang merupakan seorang insinyur software yang berasal dari Finlandia. Distribusi Linux (alias distro) adalah OS yang dibuat dari perangkat lunak berbasis kernel Linux. Pengguna mengunduh Linux dari salah satu distro ini.

10 Distro Linux Yang Paling Stabil Di Tahun 2021

1. ArchLinux

Cocok untuk: Programmer dan Pengembang

Tentang: Arch Linux adalah distribusi Linux yang ringan dan fleksibel dengan lingkungan pengguna yang sederhana. Distribusi GNU/Linux tujuan umum x86-64 yang dikembangkan secara independen menyediakan versi stabil terbaru dari sebagian besar perangkat lunak dengan mengikuti model rilis bergulir. Fitur dari distribusi ini antara lain distribusi pragmatis, sentralitas pengguna, keserbagunaan, kesederhanaan, dan lain-lain.

2. Debian

Cocok untuk: Pemula

Tentang: Debian adalah sistem operasi berbasis Linux yang stabil dan aman. Berbagai distro Linux populer, seperti Ubuntu, PureOS, SteamOS, dll memilih Debian sebagai basis perangkat lunak mereka. Fitur penting adalah:

  • Dukungan perangkat keras yang luas
  • Memberikan peningkatan yang mulus
  • Dukungan keamanan untuk rilis.
  • Perangkat lunak bebas dan sumber terbuka.

3. Fedora

Cocok untuk: Pengembang Perangkat Lunak, Pelajar

Tentang: Distribusi ini menciptakan platform yang ideal untuk perangkat keras, wadah, dan cloud, memungkinkan pengembang perangkat lunak dan anggota komunitas untuk membangun solusi yang disesuaikan untuk penggunanya. Fedora Workstation adalah sistem operasi yang mudah digunakan yang mendukung berbagai pengembang, mulai dari pelajar hingga profesional di lingkungan perusahaan.

4. Linux Mint

Cocok untuk: Profesional, Pengembang, Pelajar

Tentang: Linux Mint adalah salah satu distribusi Linux desktop paling populer yang gratis dan open source. Berdasarkan Debian dan Ubuntu, Mint menyediakan sekitar 30.000 paket dan merupakan salah satu pengelola perangkat lunak terbaik. Distro ini menyediakan dukungan multimedia penuh dan sangat mudah digunakan.

5. Manjaro

Cocok untuk: Pemula

Tentang: Manjaro Linux adalah sistem operasi berorientasi desktop yang cepat berdasarkan Arch Linux. Distro menyediakan semua manfaat perangkat lunak mutakhir untuk memulai dengan cepat dan alat otomatis untuk meminimalkan intervensi manual. Ini sepenuhnya gratis dan tersedia untuk arsitektur 64 Bit.

6. bukaSUSE

Cocok untuk: Pemula dan pengguna tingkat lanjut

Tentang: openSUSE, sebelumnya dikenal sebagai SUSE Linux, adalah salah satu distro Linux yang paling mudah digunakan. Tujuan dari distribusi ini adalah untuk membuat alat sumber terbuka yang dapat digunakan untuk pengembang perangkat lunak dan administrator sistem sambil menyediakan desktop yang ramah pengguna dan lingkungan server yang kaya fitur.

7. SparkyLinux

Cocok untuk: Gamer

Tentang: SparkyLinux adalah distribusi GNU/Linux yang dibuat di atas sistem operasi Debian GNU/Linux. Sistem operasi yang cepat, ringan, dan dapat disesuaikan sepenuhnya menawarkan versi berbeda untuk tugas yang berbeda, termasuk OS berfitur lengkap dengan lingkungan desktop yang ringan dan MinimalGUI dengan pengelola jendela Openbox yang telah diinstal sebelumnya dengan perangkat lunak dasar. Fitur-fiturnya termasuk rilis stabil atau (semi-)rolling, edisi khusus: GameOver, Multimedia & Rescue, Edisi CLI (no X) untuk membangun desktop yang disesuaikan, dll.

8. Tails

Cocok untuk: Keamanan dan privasi

Tentang: Tails adalah sistem operasi portabel yang tahan terhadap pengawasan dan sensor. OS menggunakan jaringan Tor untuk melindungi privasi online. Selain itu, Tails menyertakan pilihan aplikasi untuk bekerja pada dokumen sensitif dan berkomunikasi dengan aman. Fitur-fiturnya meliputi: ketahanan terhadap pengawasan, iklan, dan virus; tidak meninggalkan jejak di komputer saat dimatikan; berdasarkan Debian GNU/Linux dll.

9. Ubuntu

Cocok untuk: Pengembang, Profesional, Pelajar

Tentang: Ubuntu adalah sistem operasi desktop open-source yang populer dengan semua aplikasi penting seperti office suite, browser, email dan aplikasi media, dll. Misalnya, Anda dapat membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi profesional di Ubuntu dengan LibreOffice.  

10 Distro Linux Yang Paling Stabil Di Tahun 2021

10. Zorin OS

Cocok untuk: Pemula, Profesional

Tentang: Zorin OS adalah sistem operasi yang kuat yang dirancang untuk membuat komputer Anda lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah digunakan. Sistem operasi mendukung lebih dari 50 bahasa dan dilengkapi dengan teknologi bantu. Fitur termasuk fleksibilitas, aksesibilitas, kompatibilitas, dll.