10 Alasan Teratas Kenapa Menggunakan Workstation Fedora

10 Alasan Teratas Kenapa Menggunakan Workstation Fedora

10 Alasan Teratas Kenapa Menggunakan Workstation Fedora – Apa itu Workstation Fedora, jika Anda bertanya? Jika sistem operasi dapat digambarkan sebagai sistem yang kuat, mudah digunakan, dan dapat diandalkan, maka secara default, kami telah menemukan petunjuk pertama untuk teka-teki ini. Workstation Fedora tidak hanya dibuat untuk pengembang. Dalam lingkungan perusahaan, ini juga ideal untuk para profesional dan mahasiswa. Ini juga memberikan sambutan hangat kepada penggemar yang ingin menjelajahi arsitektur desain dan proses fungsionalnya.

10 Alasan Teratas Kenapa Menggunakan Workstation Fedora

Artikel ini berupaya memancing pola pikir teknis Anda untuk mempertimbangkan penggunaan dan penerapan Stasiun Kerja Fedora. Namun, umpan artikel ini semanis distro Linux ini, dan tidak ada konsekuensi untuk mempertimbangkannya kecuali hasil dari kedahsyatan teknis. Sebelum kami membahas alasan mengapa Anda menjadi anggota Fedora, pertama-tama kami harus menghormati fitur yang menjadikan Fedora kandidat yang cocok untuk bagian artikel ini.

a) Dibuat untuk Pengembang dan Penggemar

Anda tidak harus memenuhi kredensial atau kualifikasi tertentu untuk mendapatkan rasa hormat dari Fedora. Distro ini kuat, mudah digunakan, dan dapat diandalkan pada saat yang sama dan akan beradaptasi dengan perangkat keras dan firmware komputer desktop atau laptop Anda. Semua yang diminta Fedora dari Anda adalah hati dan minat Anda, bukan kredensial resume Anda.

b) Antarmuka Pengguna yang Ramping

Lingkungan desktop GNOME 3 yang menampung Fedora menghilangkan ilusi bahwa distro ini rumit untuk digunakan. Selain itu, lingkungan desktop GNOME yang sama dibuat di bawah pendekatan pengembangan yang unik. Ini melayani umpan balik pengguna aktif dari sistem yang sedang berjalan. Oleh karena itu, Anda dapat melaporkan setiap bug yang Anda hadapi kapan saja untuk meningkatkan pengalaman pengguna Anda. Antarmuka juga meminimalkan gangguan dan meningkatkan konsentrasi atau keluaran pengguna.

c) Kotak Alat Sumber Terbuka Lengkap

Open-source adalah kekuatan super yang dihargai oleh banyak distro di dunia Linux, dengan Fedora menjadi salah satunya. Anda memiliki akses tak terbatas ke alat dan utilitas yang Anda butuhkan dengan opsi untuk berkontribusi pada peningkatannya. Hal ini juga karena penerapan bahasa pemrograman open-source dalam pembuatan distro ini dan alat dan utilitasnya sehingga pencapaian ini dimungkinkan. Selain itu, Anda dapat memilih untuk menjelajahi sifat sumber terbukanya baik melalui antarmuka baris perintah atau GUI.

d) Dukungan Virtualisasi

Fedora juga menawarkan kotak GNOME yang membantu dalam menyiapkan dan menjalankan mesin virtual Anda dengan cepat. Ini juga merupakan kesempatan yang ideal untuk menggunakan beberapa platform untuk menguji keaslian kode Anda jika Anda seorang calon pengembang. Lebih banyak kontrol virtualisasi juga dapat dicapai melalui penyediaan alat virtualisasi skrip yang andal.

e) Containerize, Hack, dan Deploy

Fedora hadir dengan dukungan Gambar untuk OCI (Open Container Initiative) bawaan. Oleh karena itu, penggunanya dapat menyebarkan aplikasi kemas atau kemas aplikasi yang ditentukan pengguna yang dihosting di Fedora Workstation mereka.

Mengapa Menggunakan Stasiun Kerja Fedora?

Apa gunanya mengalihkan distro Linux ke sisi workstation fedora tanpa terlebih dahulu mengetahui manfaat fungsional dari OS ini? Popularitas distro Linux ini berdiri berdampingan dengan nama besar lainnya seperti Red Hat, Debian, dan Ubuntu. Namun, jika Anda masih baru mengenal nama Fedora, ketahuilah bahwa itu adalah distro Linux yang didukung Red Hat yang profesional dan dengan fitur yang dapat disesuaikan. Itu rentan untuk menerapkan fitur OS terbaru yang meningkatkan pengalaman pengguna dan indeks kinerjanya.

Loyalitas fedora tetap ada pada komunitas open-source. Oleh karena itu, ini bukan bagian dari klub Elite OS di mana Anda memerlukan kredit atau akses khusus untuk berinteraksi dengannya. Yang Anda butuhkan hanyalah pikiran terbuka untuk menjadi open-source oleh distro Linux ini.

Tidak semua OS sama. Sifat open-source mereka membuatnya dapat diterapkan dan lebih berkinerja untuk aplikasi dan tugas yang berbeda daripada yang lain. Contoh yang baik adalah Ubuntu Studio, yang berpusat pada tugas pengeditan grafis dan video. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk mempersempit fitur atau atribut utama yang membuat Fedora menonjol dari distro Linux lainnya.

1. Stasiun Kerja Fedora adalah Tepian Pendarahan

Sifat bleeding edge dari distro ini berkaitan dengan sifatnya yang up-to-date. Fedora selalu meluncurkan fitur Linux terbaru, pembaruan driver, dan perangkat lunak. Oleh karena itu, jangan mengantisipasi untuk mengalami gangguan OS acak karena begitu komplikasi sistem muncul, peluncuran pembaruan dan fitur sistem berikutnya akan datang dengan perbaikan atau tambalan yang disarankan untuk masalah yang diangkat.

Fedora yang baru diinstal dan dikonfigurasi telah dikemas sebelumnya dengan kernel yang stabil, yang bermanfaat untuk pengoperasian OS Linux yang terpelihara dan tidak terputus. Alasan ini memberi pengguna Fedora kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menggunakan OS ini untuk menyelesaikan tugas mereka.

Jika kita menyebutkan contoh Fedora terbaru, yang menonjol adalah Systemd. Sebagai distribusi utama, Fedora adalah yang pertama menerapkan dan menggunakan rangkaian perangkat lunak ini. Systemd menghosting berbagai komponen sistem yang bermanfaat bagi sistem operasi Linux. Fedora mengimplementasikannya sebagai sistem init default. Distro Fedora juga merupakan yang pertama menggunakan Wayland. Ini adalah protokol server tampilan yang memungkinkan komunikasi langsung antara komposer dan klien. Ini bertujuan untuk menyampaikan peristiwa input ke klien dan, pada saat yang sama, memungkinkan klien untuk menyampaikan kepada komposer bukti peristiwa kerusakan.

Oleh karena itu, seorang composer menerima sebuah event yang dikirim oleh kernel dan mereferensikan scenegraph-nya dari mana ia akan memutuskan jendela mana yang harus menangani event tersebut. Jangan khawatir tentang teknis skrip server dari penjelasan ini. Semuanya akan masuk akal ketika Anda mengambil pendekatan praktis saat mengungkap OS Fedora.

2. Fedora Memiliki Komunitas yang Baik

Jika kita memeringkat basis penggemar atau dukungan komunitas dari distro Linux utama, Fedora akan berada di urutan teratas dengan nama-nama seperti Ubuntu dan Kali Linux. The forum fedora memiliki penggemar dan pengguna berpengalaman akrab dengan workarounds teknis tentang isu-isu yang terkait dengan workstation Fedora. Karena itu, Anda tidak akan pernah terjebak dalam lumpur dengan pertanyaan yang belum terjawab.

Terlepas dari popularitas forum Fedora ini, ada platform web lain seperti Fedora Reddit Community dan Fedora IRC Channel, di mana Anda selalu dapat mencari opini kedua. Platform ini bebas akses dan penuh dengan sumber belajar dari pengalaman bersama dan pengguna yang berpengetahuan.

3. Fedora Spins

Fedora menjadi distro populer tidak mengakhiri kekuasaannya di sini; maka deskripsi Fedora berputar. Komunitasnya mempopulerkan istilah Fedora Spins untuk memenuhi berbagai rasa yang ada atau bercabang dari distro Fedora. Setiap putaran Fedora dibedakan dari putaran lainnya oleh keunikan Lingkungan Desktop yang mereka terapkan. Pengembangan putaran Lingkungan Desktop yang berbeda ini berasal dari Desktop Gnome default atau induk, yang meletakkan dasar bagi mereka.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin fedora berputar dengan Desktop Gnome default, ada opsi lain untuk dipilih seperti SOAS, Cinnamon, LXQT, KDE Plasma, LXDE, Mate-Compiz, dan XFCE.

4. Menawarkan Manajemen Paket yang Lebih Baik

Distro Ubuntu dan Debian menonjol dengan penggunaan manajer paket dpkg. Manajer paket ini telah tepat sebagai front-end resminya. Fedora menonjol dengan penggunaan manajer paket RPM. Front-end yang mendukung manajer paket ini adalah DNF. Perbandingan langsung antara dpkg dan RPM mengungkapkan bahwa RPM lebih mudah dibuat sehingga tidak terlalu rumit. Kesederhanaan RPM memberdayakannya dengan lebih banyak fitur daripada dpkg. Oleh karena itu, RPM memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengonfirmasi keberhasilan instalasi paket Linux yang ingin Anda gunakan, riwayatnya, dan memungkinkan Anda melakukan rollback.

5. Pengalaman Gnome-nya Unik

Ada hubungan yang sangat erat antara Yayasan Gnome dan proyek Fedora. Hubungan ini bermanfaat bagi pengguna Fedora Workstation karena mereka berada di urutan pertama yang mendapat manfaat dari rilis Gnome Shell terbaru. Rilis ini sudah dikemas sebelumnya dengan integrasi dan fitur sistem terbaru. Pengguna distro lain tidak dapat membanggakan tingkat hak istimewa ini.

6. Keamanan Tingkat Atas

Keamanan sistem yang andal dan stabil adalah faktor pemasaran nomor satu untuk semua distro Linux. Namun, sifat kompetitif Fedora tidak memungkinkannya untuk berada di level yang sama dengan distro Linux lainnya. Untuk itu, para pengembang proyek Fedora selalu berpikir ke depan dan telah menyematkan distro Fedora dengan fitur keamanan yang canggih. Modul yang bertanggung jawab untuk peningkatan ini adalah SELinux, singkatan dari Security-Enhanced Linux.

Modul keamanan kernel Linux (SELinux) ini berhubungan dengan dukungan dan akses kebijakan keamanan seperti pengelolaan hak izin. Jika Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang SELinux, kunjungi tautan ini.

7. Fedora Menuai Dari Dukungan Red Hat

Red Hat berada di puncak papan pemimpin untuk menyediakan dunia Linux dengan perangkat lunak perusahaan sumber terbuka. Ini didorong oleh komunitas dan didukung untuk menjamin solusi tak ternilai untuk Kubernetes, container, dan teknologi cloud. Oleh karena itu, komunitas Red Hat inilah yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan Proyek Fedora. Ini adalah keuntungan besar bagi pengguna Fedora karena pengguna komunitas ini berpengetahuan dan berpengalaman dan terutama peduli dengan peningkatan kinerja dan pengalaman pengguna dari Fedora Workstation.

Dukungan ini tergantung pada tujuan utama Anda terkait penggunaan Stasiun Kerja Fedora. Anda akan mendapat manfaat dari pembaruan keamanan gratis, tetapi jika Anda berada di lingkungan bisnis atau cloud, disarankan untuk mempertimbangkan dukungan komersial Red Hat untuk menangani setiap celah yang mungkin muncul di sistem Anda.

8. Dukungan Perangkat Kerasnya Sangat Produktif

Tidak mungkin menemukan perangkat keras yang tidak kompatibel dengan distribusi Fedora. Daftar dukungan perangkat keras yang dapat Anda harapkan dari distro ini meliputi kamera, printer, pemindai, dan PC. Distro ini bukan khusus vendor perangkat keras dan akan beradaptasi dengan hampir semua perangkat keras. Oleh karena itu, kompatibilitas perangkat keras tidak sulit diharapkan saat bekerja dengan Fedora Workstation.

9. Perangkat Lunak Sumber Terbuka

Distro Linux yang Anda gunakan akan menentukan apakah perangkat lunak atau aplikasi yang Anda gunakan untuk memenuhi tujuan OS Anda adalah berpemilik atau open-source. Distro Ubuntu adalah contoh sempurna untuk memperjelas fitur ini. Terlepas dari popularitasnya di komunitas Linux secara umum, pengguna rumahan kebanyakan menggunakan perangkat lunak berpemilik seperti Adobe Flash dan driver multimedia dan codec.

Penyertaan lain ke daftar ini adalah beberapa fitur Kernel Linux di distro. Perangkat lunak berpemilik memiliki bit biner tertutup yang berarti Anda tidak dapat melakukan penyesuaian atau peningkatan bahkan jika Anda menginginkannya. Pengguna atau pengguna yang mengembangkan perangkat lunak tersebut memiliki hak untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. Fedora sudah dikemas sebelumnya dengan kernel Linux-libre untuk mengatasi masalah kepemilikan ini, yang memiliki bit biner terbuka.

Kami sama sekali tidak memberikan nama buruk pada perangkat lunak berpemilik, tetapi hanya bersikeras pada atribut yang tak ternilai dari perangkat lunak sumber terbuka. Karena sebagian besar distro Linux memiliki fondasi open-source, wajar saja jika jumlah perangkat lunak open-source yang dikirimkan melebihi jumlah perangkat lunak berpemilik dengan selisih yang signifikan. Instalasi workstation Fedora baru tidak meng-host perangkat lunak berpemilik, semua aplikasi default adalah sumber terbuka, tetapi Anda dapat menambahkan perangkat lunak berpemilik. Singkatnya, Fedora memberitahu Anda untuk menjaga semangat open-source tetap hidup. Filosofi sumber terbukanya ketat dan didorong di antara komunitas Fedora karena Anda tidak harus bergantung pada sumber daya pihak ketiga untuk mendapatkan perangkat lunak yang Anda inginkan.

10 Alasan Teratas Kenapa Menggunakan Workstation Fedora

10. Fedora Tidak Rumit

Agar distro Linux menjadi terkenal dan terkenal di komunitas Linux, perlu mencentang kotak tertentu. Salah satu atribut ini adalah bahwa itu harus mudah digunakan dan dapat disesuaikan bahkan untuk pemula Linux. Distribusi Fedora mencentang kotak ini dengan ukuran font terbesar. Kesederhanaan Antarmuka Penggunanya melayani semua tingkat pengguna. Lingkungan Desktop mudah untuk beradaptasi, karena hanya perlu beberapa klik agar Anda terbiasa dengan desain UI dan aplikasi default terkait. Oleh karena itu, konsistensi dan keakraban adalah hal yang harus Anda pertahankan setelah interaksi pertama kali dengan sistem.