10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Arch Linux

10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Arch Linux

10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Arch Linux – Arch Linux adalah distribusi gratis dan open source untuk arsitektur berbasis x86 – 64. Ini adalah salah satu OS yang terus-menerus mendapat pembaruan perbaikan dan fitur baru dan dapat diinstal dari gambar CD, USB, atau melalui server FTP. Sistem operasi Arch Linux memiliki beberapa alasan kenapa harus di install ke dalama PC atau komputer Anda.

10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Arch Linux

1. Pemasang GUI

Arch Linux dulu sangat susah payah untuk menginstal. Faktanya, satu proses menginstal Arch Linux digunakan untuk mengusir pengguna potensial yang penasaran, tetapi itu tidak terjadi lagi dan itu berkat penginstal GUI seperti penginstal Anarchy dan Zen). Ini tahun 2019 dan Arch Linux jauh lebih mudah untuk diinstal daripada sebelumnya; yang meniadakan alasan mengapa Anda tidak harus menginstalnya.

2. Stabilitas & Keandalan

Arch Linux adalah rilis bergulir dan menghapus kegilaan pembaruan sistem yang dialami pengguna jenis distro lain. Karena ini adalah rilis bergulir, sistem intinya selalu diperbarui dengan perbaikan terbaru dan fitur baru dan Anda tidak perlu khawatir tentang kapan harus menginstal apa dan berapa lama pembaruan sistem akan berlangsung.

Juga, setiap pembaruan kompatibel dengan sistem Anda sehingga tidak perlu khawatir tentang pembaruan mana yang dapat merusak sesuatu dan ini menjadikan Arch Linux salah satu distro paling stabil dan andal yang pernah ada.

3. Arch Wiki

Arch Wiki adalah sebuah perpustakaan besar dokumentasi tentang [hampir] semua tugas Anda dapat menyelesaikan pada Arch Linux, turunannya, dan kadang-kadang bahkan distro lain!

Ini berisi ikhtisar Arch Linux dan deskripsi tentang apa yang diharapkan darinya, FAQ dan fakta tentangnya, panduan instalasi, tutorial pasca-instalasi, dll. Ringkasnya, Anda tidak akan tersesat.

4. Manajer Paket Pacman

Pacman adalah alat baris perintah dan penginstal paket default di Arch Linux dan kurang bertele-tele daripada manajer paket distro lain misalnya APT di Ubuntu.

Pacman juga dapat digunakan dengan beberapa manajer paket seperti Pamac.

5. Arch User Repository

Arch User Repository (AUR) adalah kumpulan aplikasi dan alat yang dapat diinstal di Arch Linux tetapi belum tersedia di repositori Arch resmi.

Itu dikelola oleh komunitas pengguna Arch Linux sebagai sarana untuk menemukan dan menginstal aplikasi tersebut dengan mudah tanpa memburunya dan mengompilasinya dari sumber.

6. Lingkungan Desktop yang Indah

Lingkungan Desktop dari distro apa pun adalah yang membantu Anda berinteraksi dengan sistem Anda dari saat Anda mem-boot OS hingga saat Anda mematikannya. Ini kompatibel dengan lebih banyak Lingkungan Desktop daripada yang mungkin ingin Anda coba sendiri dan estetikanya dapat 100% disesuaikan dengan selera Anda.

7. Orisinalitas

Tidak seperti distro populer lainnya seperti Ubuntu yang berbasis Debian, Arch Linux dibangun dari awal independen dari distribusi Linux lainnya. Memang, Ubuntu telah melahirkan beberapa distro lain tetapi juga memiliki Arch Linux misalnya Manjaro Linux.

Jadi, meskipun Arch Linux adalah open source dan pengembangnya bebas memasukkan ide dari mana saja yang mereka pilih, Arch Linux akan selalu menjadi penentu kecepatan di komunitas.

8. Basis Pembelajaran yang Sempurna

Arch Linux adalah platform yang sempurna bagi siapa saja yang tertarik untuk memahami cara kerja Linux karena mengharuskan Anda untuk memperhatikan dokumentasi dan tips penggunaan yang direkomendasikan selama penggunaannya.

Tentu saja, Anda dapat memutuskan untuk mencari solusi cepat dan melanjutkan hidup Anda, tetapi jika yang Anda inginkan adalah dapat mengetahui alasan di balik masalah serta cara memperbaikinya, maka Arch Linux dan basis pengetahuannya yang besar adalah titik awal yang baik.

9. Komunitas Arch Linux

Terlepas dari Arch Wiki, Arch Linux memiliki komunitas pengguna yang luas yang secara sukarela siap siaga untuk menawarkan bantuan kepada siapa saja yang tertarik untuk belajar tentang Linux terutama menggunakan Arch Linux atau turunannya.

Mereka juga didedikasikan untuk mempromosikan keberhasilan Arch Linux dan kemudahan penggunaannya. Ambil AUR misalnya. Ringkasnya, bahkan jika Anda terjebak di wiki, Anda berada di tangan yang aman.

10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Arch Linux

10. Kemudahan Penggunaan, Fleksibilitas, dan Kustomisasi

Arch Linux mungkin tampak kaku dari luar tetapi ini adalah distro yang sepenuhnya fleksibel. Pertama, ini memungkinkan Anda memutuskan modul mana yang akan digunakan di OS Anda saat menginstalnya dan memiliki Wiki untuk memandu Anda.

Juga, itu tidak membombardir Anda dengan beberapa [sering] aplikasi yang tidak perlu tetapi dikirimkan dengan daftar perangkat lunak default minimal.

Ada lebih banyak alasan mengapa Arch Linux harus menjadi distro pilihan Anda, tetapi itu adalah yang terbaik di atas. Apakah Anda memiliki rekomendasi untuk ditambahkan? Bagikan pandangan Anda dengan kami di bagian komentar di bawah.